Rabu, 03 April 2013

Choosing a Global Strategy



Multinational Model
Pizza Hut: Pizza Hut masuk kedalam perusahaan Multidomestik karena dalam menentukan menunya Pizza Hut menyesuaikan dengan selera dan budaya lingkungan sekitar dimana mereka melakukan bisnis. Seperti di India dimana mayoritas masyarakatnya vegetarian, maka Pizza Hut menyediakan berbagai Pizza dengan Toping Vegetarian.

Global Model
Nike: Termasuk perusahaan Global Karena perusahaan Nike hadir dan telah menanamkan modalnya di berbagai macam negara, dan dalam memproduksi Produk-produknya Nike tidak membuat perbedaan bagi produknya di negara satu dengan negara yang lain. Sebagai contoh untuk tiap Model Sepatu NIKE disetiap negara memiliki bentuk dan varian yang sama.

Transnational Model
ADIDAS : Perusahaan ini menggunakan strategi transnasional karena walaupun ADIDAS memiliki standar global namun tetap merespon tanggapan lokal. misalnya ADIDAS meluncurkan produk-produk yang menggunakan batik dalam serial “Materials of the World-Indonesia” yang hanya ada di Indonesia. Di negara lain juga terdapat “Materials of the World-Africa” ada juga Peru, Jepang dll.

International Model
UltraJaya : Perusahaan ini menggunakan strategi internasional karena perusahaan ini hampir 90% total produksi didistribusikan ke seluruh konsumen di seluruh pelosok Indonesai, sementara kurang lebih 10% produksi diekspor ke beberapa negara di Benua Asia, Eropa, Timur Tengah, Australia, dan Amerika. Contoh produk unggulannya adalah susu segar UltraMilk

 
source:
http://agung-praptapa.blog.unsoed.ac.id/2012/05/30/tugas-1-man-strat-akuntansi-a-2012-international-strategy/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar