Jumat, 05 April 2013

Departmentalization of an Organization



Matrix Organization disebut juga organisasi manajemen proyek, yaitu organisasi dimana penggunaan struktur organisasi menunjukkan dimana para spesialis yang mempunyai keterampilan di masing-masing bagian dari kegiatan perusahaan dikumpulkan lagi menjadi satu untuk mengerjakan suatu proyek yang harus diselesaikan. Organisasi ini digunakan berdasarkan struktur organisasi staf dan lini khususnya di bidang penelitian dan pengembangan.
Contoh: Struktur Organisasi Matriks pada peruguruan tinggi

Network Organization adalah pengaturan yang fleksibel antara desainer, pemasok, produsen, distributor, dan pelanggan di mana setiap perusahaan mampu mengejar kompetensi tersendiri, namun bekerja secara efektif dengan anggota lain dari jaringan
Contoh: Sebuah contoh dari sebuah organisasi jaringan adalah Asea Brown Boveri. Ini perusahaan besar yang membagi bisnisnya menjadi 1.300 perusahaan sebagai unit bisnis yang terpisah dan berbeda.

Functional Organization adalah organisasi yang susunannya berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut Dalam organisasi ini seorang tenaga pengajar tidak hanya bertanggung jawab kepada satu atasan saja. Pada organisasi ini pemimpin berhak memerintahkan semua para tenaga pengajar/para karyawannya, selama masih dalam hubungan pekerjaan. Sehingga seorang pekerja dapat saja diperintah oleh lebih dari satu pimpinan sesuai dengan keahliannya. 
Contoh: Perbengkelan, Kedai Nasi, warung

Divisional Organization Structure, yakni struktur organisasi dimana pembagian divisinya berdasarkan proyek/kegiatan yang sedang dijalankan. 
Contoh: himpunan mahasiswa didalam perguruan tinggi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar